Ubah Perilaku Buruk Anak dengan Bermain Peran

Dunia bermain identik dengan anak-anak. Dalam permainannya mereka suka meniru peran orang dewasa. Ada yang berusaha menjadi seorang ibu, ayah, atau profesi-profesi tertentu seperti pilot, polisi, dan dokter. Kecenderungan meniru peran orang dewasa ini bisa diarahkan orang tua untuk mengubah perilaku buruk seorang anak. “Bermain peran bisa mengubah perilaku anak yang buruk,” kata Arief Rachman, Indonesia National Chairman for UNESCO saat Seminar Pentingnya Bermain Peran Pada Kehidupan Anak-anak di Theater Kidzania, Pasific Place, Jakarta, Jumat (28/3).

Cara mengubahnya, jelas Arief, dapat dilakukan dengan memberi kesempatan kepada anak yang suka marah untuk mengambil peran sebagai seorang ibu yang baik. Peran-peran baik lainnya dapat diberikan kepada anak-anak yang memiliki kecenderungan yang buruk lainnya.

Di hadapan para kepala sekolah dan guru se-wilayah DKI Jakarta, Arief, yang dikenal sebagai pakar pendidikan tersebut mengatakan bermain peran sebagai orang dewasa sangat penting bagi anak-anak dalam membentuk kreativitas mereka. Melalui kreativitas inilah seorang anak bisa mengembangkan imajinasinya, fisik, kognitif, dan emosinya.

Selain itu, dengan mengambil peran tersebut, akan menumbuhkan rasa percaya diri seorang anak dalam mengembangkan kompetensi yang diinginkannya sebagai modal utama menghadapi tantangan yang ada di depannya. “Orang tua dapat terlibat saat anak-anak mengambil perannya, tapi jangan mendominasi. Setelah mereka mampu mengambil peran tersebut orang tua sebaiknya mundur,” ungkarnya. (SMS)
Sumber : Kompas News, Jumat 28 Maret 2008, 13.35

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s